Minggu, 14 Februari 2010

as-Sayyid Muhammad ibn Alawi Al-Maliki: Pembina Calon Ulama’ Indonesia (3)

Bismilahirrahmanirrahim Walhamdulillahi Rabbil ‘aalamiin Wassholatu Wassalamu `Ala Rasulillah, Wa’ala Aalihie Washohbihie Waman Walaah amma ba’du…


“AS-SAYYID MUHAMMAD BIN ALWI AL-MALIKI”

oleh Hasan Husen Assagaf

Makkah dan dunia Islam menangis, jumat 15 Ramadhan. Setelah azan
subuh dikumandangkan dan sholat subuh didirikan di Masjidil Haram-
Makkah, tersiarlah berita bahwa Sayyid Mohammad bin Alwi Almaliki,
wafat. Beliau meninggal sekitar pukul 6 pagi di salah satu rumah
sakit di Makkah, setelah beberapa jam saja berjuang melawan penyakit
yang datang secara mendadak. Berita itu membuat cukup kabut
keluarga, murid-muridnya, dan masyarakat Makkah yang tengah
menunggu kepulihan kembali kesehatan beliau. Tapi sebaliknya berita
yang didengar adalah wafatnya beliau. Ini benar-benar yang membuat
mereka menjadi kalang kabut.

Begitu mendengar berita duka dari mulut ke mulut, ribuan masyarakat
pencinta beliau panik. Mereka kalang-kabut dan berbondong-bondong
menyerbu rumah kediaman beliau untuk menyaksikan kebenaran wafatnya
beliau yang secara mendadak. Karena mereka hampir tidak percaya
dengan berita itu. Suasana pun tambah panik lagi pagi itu setelah
jasad Almarhum dibawa dari rumah sakit ke rumah beliau.

Ribuan orang berduyun-duyun ke rumah beliau ingin menyaksikan
jenazah Almarhum secara langsung. Kepanikan warga Makkah itu membuat
macet lalu-lintas. Jalan menuju Hay al Rashifah, rumah kediaman beliau, dipadati kendaraan dan manusia. Itulah sekedar info yang saya dapatkan dari kawan-kawan saya di Makkah disaat kepulangan
Sayyid Muhammad Almaliki ke rahmatullah pada hari Jumat lalu.

Beberapa jam sebelum kepulangan beliau ke rahmatullah, tidak sedikit masyarakat dan santri datang seperti biasa ke rumahnya di hay Rashifah Makkah untuk mendengarkan wejangan dan ceramah Ramadhan yang biasa di berikan setiap hari usai sholat tarawih. Mereka semua mendunggu ceramah dan nafahat ramadhaniyah khususnya ceramah tentang perang Badar yang dijanjikan beliau akan diutarakannya pada pertengahan bulan yang suci Ramadhan.

Akan tetapi Allah telah merencanakan kematian beliau di hari itu yang tidak bisa ditolak oleh siapapun. Pada saat itu Sayyid Mohammad bin Alwi al Maliki mendapatkan serangan jantung secara mendadak dan
segera dibawa kerumah sakit. Hanya beberapa jam saja beliau tinggal
di rumah sakit dan dengan kesedihan yang dalam diberitakan beliau
telah menghembuskan nafasnya yang terakhir.

Untuk mengenang jasa-jasa beliau yang begitu besar bagi umat Islam,
saya ringkaskan dibawah ini sekelumit kisah beliau yang diketahui,
adapun yang tidak diketahui lebih banyak dari yang diketahui.

Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki lahir di makkah tahun 1365H.
Pendidikan pertamanya adalah Madrasah Al-Falah –Makkah, dimana ayah beliau Sayyid Alwi bin Abbas Almaliki sebagai guru agama di sekolah
tersebut yang juga merangkap sebagai pengajar di halaqah di Haram Makki yang tempatnya sangat masyhur dekat Bab As-salam

Ayah beliau, Sayyid Alwi bin Abbas Almaliki (kelahiran Makkah th
1328H), seorang alim ulama terkenal dan ternama di kota Makkah.
Disamping aktif dalam berdawah baik di Masjidil Haram atau di kota
kota lainnya yang berdekatan dengan kota Makkah seperti Thoif,
Jeddah dll, Sayyid Alwi Almaliki adalah seorang alim ulama yang
pertama kali memberikan ceramah di radio Saudi setelah salat Jumat
dengan judul “Hadist al-Jumah”
. Begitu pula ayah beliau adalah
seorang Qadhi yang selalu di panggil masyarakat Makkah jika ada
perayaan pernikahan.

Selama menjalankan tugas da’wah, Sayyid Alwi bin Abbas Almaiki
selalu membawa kedua putranya Muhammad dan Abbas
. Mereka berdua
selalu mendampinginya kemana saja ia pergi dan berceramah baik di
Makkah atau di luar kota Makkah. Adapun yang meneruskan perjalanan
dakwah setelah wafat beliau adalah Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki
dan Sayyid Abbas selalu berurusan dengan kemaslahatan kehidupan
ayahnya.

Sebagaimana adat para Sadah [1] dan Asyraf [2] ahli Makkah, Sayyid Alwi Almaliki selalu menggunakan pakaian yang berlainan dengan ulama yang
berada di sekitarnya. Beliau selalu mengenakan jubbah, serban
(imamah) dan burdah atau rida yang biasa digunakan dan dikenakan
Asyraf Makkah.

Setelah wafat Sayyid Alwi Almaiki, anaknya Sayyid Muhammad tampil
sebagai penerus ayahnya. Dan sebelumnya ia selalu mendapatkan
sedikit kesulitan karena ia merasa belum siap untuk menjadi pengganti
ayahnya. Maka langkah pertama yang diambil adalah ia melanjutkan
studi dan ta’limnya terlebih dahulu. Beliau berangkat ke Kairo dan
Universitas al-Azhar Assyarif merupakan pilihanya. Setelah meraih S1, S2 dan S3 dalam fak Hadith dan Ushuluddin beliau kembali ke Makkah untuk melanjutkan perjalanan yang telah di tempuh sang ayah. Disamping mengajar di Masjidi Haram di halaqah, beliau diangkat sebagai dosen di Universitas King Abdul Aziz- Jeddah dan Univesitas Ummul Qura Makkah bagian ilmu Hadith dan Usuluddin. Cukup lama beliau menjalankan tugasnya sebagai dosen di dua Universiatas tsb, sampai beliau memutuskan mengundurkan diri dan memilih mengajar di Masjidil Haram sambil menggarap untuk membuka majlis ta’lim dan pondok di rumah beliau.

Adapun pelajaran yang di berikan baik di masjid haram atau di rumah
beliau tidak berpoin kepada ilmu tertentu seperti di Universitas.
Akan tetapi semua pelajaran yang diberikannya bisa di terima semua
masyarakat baik masyarakat awam atau terpelajar, semua bisa menerima
dan semua bisa mencicipi apa yang diberikan Sayyid Maliki. Maka dari
itu beliau selalu menitik-beratkan untuk membuat rumah yang lebih
besar dan bisa menampung lebih dari 500 murid per hari yang biasa
dilakukan selepas sholat Maghrib sampai Isya di rumahnya di Hay al
Rashifah. Begitu pula setiap bulan Ramadan dan hari raya beliau
selalu menerima semua tamu dan muridnya dengan tangan terbuka tanpa
memilih golongan atau derajat. Semua di sisinya sama tamu-tamu dan
murid murid, semua mendapat penghargaan yang sama dan semua
mencicipi ilmu bersama-sama. Dari rumah beliau telah keluar ulama-ulama yang membawa panji Rasulallah ke suluruh pelosok permukaan bumi. Di mana negara saja kita dapatkan murid beliau, di India,
Pakistan, Afrika, Eropa, Amerika, apa lagi di Asia yang merupakan
sebagai orbit dahwah sayid Muhammad Almaliki, ribuan murid murid
beliau yang bukan hanya menjadi kyai dan ulama akan tetapi tidak
sedikit dari murid2 beliau yang masuk ke dalam pemerintahan
.

Di samping pengajian dan taklim yang rutin di lakukan setiap hari
pula beliau telah berusaha mendirikan pondok yang jumlah santrinya
tidak sedikit, semua berdatangan dari seluruh penjuru dunia,
belajar, makan, dan minum tanpa di pungut biaya sepeser pun bahkan beliau memberikan beasiswa kepada para santri sebagai uang
saku
. Setelah beberapa tahun belajar para santri dipulangkan ke
negara-negara mereka untuk menyiarkan agama.

Sayid Muhammad Almaliki dikenal sebagai guru, pengajar dan pendidik yang tidak beraliran keras, tidak berlebih-lebihan, dan selalu menerima hiwar dengan hikmah dan mauidhah hasanah. Beliau ingin mengangkat derajat dan martabat Muslimin menjadi manusia yang berperilaku baik dalam muamalatnya kepada Allah dan kepada sesama, terhormat dalam perbuatan, tindakan serta pikiran dan perasaannya. Beliau adalah orang cerdas dan terpelajar, berani dan jujur serta adil dan cinta kasih terhadap sesama. Itulah ajaran utama Sayyid Muhammad bin Alwi Almaliki. Beliau selalu menerima dan menghargai pendapat orang dan menghormati orang yang tidak sealiran dengannya atau tidak searah dengan thariqahnya. Dalam kehidupannya beliau selalu bersabar dengan orang-orang yang tidak bersependapat baik dengan pemikirannya atau dengan alirianya. Semua yang berlawanan diterima dengan sabar dan usaha menjawab dengan hikmah dan menklirkan sesuatu masalah dengan kenyataan dan dalil-dalil yang
jitu bukan dengan emosi dan pertikaian yang tidak bermutu dan
berkesudahan. Beliau tahu persis bahwa kelemahan Islam terdapat pada
pertikaian para ulamanya dan ini memang yang di inginkan musuh
Islam. Sampai-sampai beliau menerima dengan rela digeser dari
kedudukannya baik di Universitas dan ta’lim beliau di masjidil
Haram. Semua ini beliau terima dengan kesabaran dan keikhlasan
bahkan beliau selalu menghormati orang orang yang tidak
bersependapat dan sealiran dengannya,
semasih mereka memiliki
pandangan khilaf yang bersumber dari al-Quran dan Sunah. Adapun
ulama yang telah mendapat gemblengan dari Sayyid Muhammad bin Alwi
Almaliki, mereka pintar-pintar dan terpelajar. Di samping menguasai
bahasa Arab, mereka menguasai ilmu-ilmu agama yang cukup untuk
dijadikan marja’ dan reference di negara-negara mereka.

Pada akhir hayatnya yang berkenaan dengan adanya kejadian teroris di Saudi Arabia, beliau mendapatkan undangan dari ketua umum Masjidil
Haram Syeikh sholeh bin Abdurahman Alhushen untuk mengikuti “Hiwar Fikri” di Makkah yang diadakan pada tg 5 sd 9 Dhul Q’idah 1424 H dengan judul “Al-qhuluw wal I’tidal Ruya Manhajiyyah Syamilah”, di sana beliau mendapat kehormatan untuk mengeluarkan pendapatnya tentang thatarruf atau yang lebih poluler disebut ajaran yang beraliran fundamentalists atau extremist. Dan dari sana beliau telah meluncurkan sebuah buku yang sangat popular dikalangan masyarakat Saudi yang berjudul “Alqhuluw Dairah Fil Irhab Wa Ifsad Almujtama”. Dari situ, mulailah pandangan dan pemikiran beliau tentang da’wah selalu mendapat sambutan dan penghargaan masyarakat luas.

Pada tg 11/11/1424, beliau mendapat kesempatan untuk memberikan
ceramah di hadapan wakil raja Amir Abdullah bin Abdul Aziz yang
isinya beliau selalu menggaris-bawahi akan usaha menyatukan suara
ulama dan menjalin persatuan dan kesatuan da’wah.

Di samping tugas beliau sebagai da’i, pengajar, pembibing, dosen,
penceramah dan segala bentuk kegiatan yang bermangfaat bagi agama,
beliau pula seorang pujangga besar dan penulis unggul. Tidak kurang
dari 100 buku yang telah dikarangnya
, semuanya beredar di seluruh
dunia. Tidak sedikit dari kitab2 beliau yang beredar telah
diterjemahkan kedalam bahasa Inggris, Prancis, Urdu, Indonesia dll.

Beliau wafat meninggalkan 6 putra, Ahmad, Abdullah, Alwi, Ali, al-
Hasan dan al-Husen dan beberapa putri-putri yang tidak bisa disebut
satu persatu disini .

Beliau wafat hari jumat tg 15 ramadhan 1425 dan dimakamkan di
pemakaman Al-Ma’la disamping kuburan istri Rasulallah Khadijah binti
Khuailid ra. Dan yang menyaksikan penguburan beliau seluruh umat
muslimin yang berada di Makkah pada saat itu termasuk para pejabat,
ulama, para santri yang datang dari seluruh pelosok negeri, baik dari
luar Makkah atau dari luar negri. Semuanya menyaksikan hari terakhir
beliau sebelum disemayamkan, semua menyaksikan janazah beliau
setelah disembahyangkan di Masjidil Haram ba’da sholat isya yang
dihadiri oleh tidak kurang dari sejuta manusia. Begitu pula selama
tiga hari tiga malam rumahnya terbuka bagi ribuan orang yang ingin
mengucapkan belasungkawa dan melakukan `aza’. Dan di hari
terakhir `Aza, wakil Raja Saudi, Amir Abdullah bin Abdul Aziz dan
Amir Sultan datang ke rumah beliau untuk memberikan sambutan
belasungkawa dan mengucapkan selamat tinggal kepada pemimpin agama
yang tidak bisa dilupakan umat.

Selamat tinggal ayah yang berhati baik. Selamat tinggal sosok tubuh
yang pernah menanamkan hikmah, ilmu, teladan dihati hati kami.
Selamat tinggal pemimpin umat yang tak bisa kami lupakan dalam
pendiriannya dan keikhlasannya. Selamat tinggal pahlawan yang jujur,
ikhlas dalam amal dan perbuatanya. Selamat jalan… selamat jalan,..
kebaikan dan kemulyaan kamu telah meliputimu semasa hidupmu dan
disaat wafatmu. Kamu telah hidupi hari hari mu didunia dengan mulia,
dan sekarang kamu telah terima imbalannya disaat wafatmu pula dengan
mulia. Jika sekarang kita telah berpisah untuk sementara, maka kami
pasti akan menyusulmu Insya Allah dan kita pasti akan bertemu dan
berkumpul kembali.

Assalamualaikum
Hasan Husen Assagaf.
20 Ramadhan 1425H

Catatan Kaki:

[1] Sadah, bentuk plural (jamak) dari Sayyid, di daerah Hijaz, khususnya Makkah Madinah berarti keturunan Nabi Muhammad sall-Allahu ‘alayhi wa aalihi wasahbihi wasallam, yang biasa menjadi ‘aliim ulama’.
[2] Asyraf, bentuk plural (jamak) dari Syarif, di daerah Hijaz, khususnya Makkah Madinah, berarti keturunan Nabi Muhammad sall-Allahu ‘alayhi wa aalihi wasahbih wasallam, yang biasa menjadi penguasa/pimpinan (sebelum munculnya Dinasti Sa’ud).

Baca tulisan bagian ke-4, tentang hubungan erat Sayyid Muhammad dengan para ulama dan kyai di Indonesia…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar